pixabay.com

Pernah nggak sih kamu merasa kalau hidup ini emang nggak adil buat diri kamu. Kalau setiap orang merasa seperti itu, lantas keadilan ada di mana? Padahal Allah SWT sendiri sudah mengatur kehidupan ini dengan baik, sehingga apa yang terjadi pada diri kamu dan dunia ini tentu sudah diatur oleh Allah sebaik mungkin. Bisa jadi apa yang kamu rasakan saat ini baik untuk diri kamu.


Apa yang kamu benci dari hidupmu ini? Permasalahan apa yang kamu hadapi? Tentang permasalahan cintamu? Hubunganmu dengan orang lain? Atau pekerjaan mu?


“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 216)


Bersyukur Lebih Baik

Istockphoto

Mungkin kamu merasa pekerjaanmu saat ini tidak enak, membosankan, capek. Lalu kamu mengeluh, membanding-bandingkan orang yang hanya dengan ketawa-ketiwi saja bisa dapat uang, jalan-jalan bisa dapat uang, pokoknya mereka bisa mendapatkan uang itu dengan mudah (kelihatannya). Sedangkan kamu harus berjalan kaki, terkena terik matahari, debu dan belum tentu kamu bisa langsung mendapatkan uang dengan banyak. Sekilas hal tersebut memang tidak adil, namun Allah SWT lebih mengetahui.


Belum tentu orang yang punya harta melimpah, karir melesat, itu bahagia. Buktinya, masih banyak orang yang memilih untuk mengakhiri hidupnya (bunuh diri) padahal Ia diberkahi dengan harta yang banyak. Tetapi masih banyak orang di pinggir jalan yang mendapatkan uang (walaupun sedikit) tetapi terlihat bahagia. Apasih kuncinya? BERSYUKUR!


Allah SWT telah memberikan nikmat kepada kita semua, seperti dalam Alquran surat An-Nahl ayat 53, yang artinya: “Dan apa saja nikmat yang ada padamu dari Allah-lah datangnya.”  

Serta dalam Alquran surat An-Nahl ayat 18, Allah juga berfirman yang artinya: “Dan jika kalian menghitung nikmat Allah, maka kalian tidak akan sanggup menghitungnya.”

Dari nikmat tersebut, kita diperintahkan untuk bersyukur.


Seperti di dalam Alquran surat Al-Baqarah ayat 152 yang artinya: “Karena itu, ingatlah kalian kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepada kalian. Dan bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kalian mengingkari (nikmat)-Ku.” 


Bersyukur memang tidak mudah ya. Namun, kita harus ingat bahwa pertolongan Allah SWT selalu ada. Allah telah memberikan kenikmatan kepada kita semua, dan patut untuk kita syukuri. Insyaallah, Allah SWT memberi ganjaran berlipat ganda bagi orang-orang yang mampu untuk mensyukuri nikmat-Nya. 




Post a Comment